Tuesday, November 7, 2023

PROFIL PUSKESMAS PANDANARAN

PROFIL PUSKESMAS PANDANARAN


Sumber: https://www.helpmecovid.com/id/2659947_puskesmas-pandanaran

Puskesmas Pandanaran merupakan Puskesmas yang melakukan pelayanan rawat jalan di wilayah Semarang Selatan dengan jumlah penduduk sekitar 41.153 jiwa dan terakreditasi dasar. Secara geografis letak Puskesmas Pandanaran berada di kecamatan Semarang Selatan dengan batas-batas wilayah:

  • Sebelah Utara: Kelurahan Pekunde 
  • Sebelah Selatan: Kelurahan Lempongsari 
  • Sebelah Barat: Kelurahan Bojong Salaman 
  • Sebelah Timur: Kelurahan Peterongan

Terdapat 6 (enam) wilayah kelurahan binaan Puskesmas Pandanaran yaitu Kelurahan Bulustalan, Barusari, Randusari, Mugassari, Pleburan, Wonodri. Sementara itu, pasien di Puskesmas Pandanaran terbagi menjadi 4 (empat) jenis yaitu pasien BPJS PBI, BPJS Non PBI, KTP Semarang (pasien dengan faskes di luar Puskesmas Pandanaran), dan KTP Luar Semarang atau pasien luar kota.

Jenis pelayanan yang ada di Puskesmas Pandanaran terbagi menjadi 2 (dua) yaitu Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) 

1. UKP Dilaksanakan dalam bentuk rawat jalan dan gawat darurat, yang meliputi pelayanan: 1) Pelayanan pengobatan umum 2) Pelayanan pengobatan gigi dan mulut 3) Pelayanan KIA-KB dan IVA yang bersifat UKP 4) Pelayanan MTBS 5) Pelayanan konseling gizi yang bersifat UKP 6) Pelayanan farmasi 7) Pelayanan laboratorium 8) Pelayanan fisioterapi dan akupresure 9) Pelayanan klinik sanitasi. 

2. UKM Terbagi menjadi 2 (dua) yaitu UKM essensial dan pengembangan. UKM Essensial/wajib meliputi pelayanan promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu anak serta keluarga besar, gizi, pencegahan dan pengendalian penyakit. Sementara itu pelayanan UKM pengembangan meliputi kesehatan tradisional dan upaya kesehatan lansia

 

Profil Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas Pandanaran 

Salah satu unsur yang berperan dalam percepatan pembangunan kesehatan adalah tenaga kesehatan yang bertugas difasilitas pelayanan kesehatan di masyarakat. Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

1.      Dokter gigi

Dokter gigi di Puskesmas Pandanaran ada 3 Orang.

2.      Perawat Gigi

Perawat Gigi dapat menyelenggarakan praktik di fasilitas pelayanan kesehatan di luar praktik mandiri dan atau praktik mandiri. Perawat yang dapat menyelenggarakan praktik mandiri harus berpendidikan minimal Diploma III Keperawatan dan wajib memiliki Surat Ijin Praktik Perawat (SIPP) yang hanya diberikan pada satu tempat Praktek. SIPP berlaku selama Tanda Registrasi (STR) masih berlaku. STR adalah Bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga Kesehatan yang memiliki sertifikat Kompetensi sesuai ketentuan peraturan Perundang- undangan.

Tenaga keperawatan yang bekerja di Puskesmas Pandanaran yang tercatat pada tahun 2023 terdiri dari tenaga Perawat Gigi sebanyak 4 orang.

 

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas Pandanaran

1.    Pencabutan Gigi Sulung

2.    Pencabutan Gigi Komplikasi

3.    Pencabutan Gigi Tetap

4.    Scalling

5.    Penambalan Sementara

6.    Penambalan Glass Ionomer Cement 

7.   Penambalan Composite dengan Sinar

No comments:

Post a Comment

Artikel Peminatan

  Pake Behel Cuma Buat Bergaya Aja??? Sumber:  https://www.123dentist.com/what-are-orthodontics/           Dalam beberapa tahun terakhir, se...